Selamat Datang di Website Resmi Pusat Unggulan IPTEK Ikan Hias     Jam layanan laboratorium uji (Senin-Kamis: 07.30-14.30 WIB) dan Jumat (08.00-15.00 WIB)     Dirgahayu Republik indonesia     Selamat Kepada Dr. Nina Meilisza S.Pi, M.Si Sebagai Pemakalah Terbaik Seminar Hasil Riset Perikanan Tahun 2019
PUI Budidaya Ikan Hias Raih Apresiasi Tertinggi


Pusat Unggulan IPTEK (PUI) Budidaya Ikan Hias merupakan nama PUI dari Balai Riset Budidaya Ikan Hias (BRBIH).  Pada hari Senin, 2 Desember 2019 telah meraih capaian PUI Budidaya Ikan Hias yang luar biasa karena telah mampu menaikkan peringkatnya dari PUI Pembinaan ke PUI yang Ditetapkan. Menjadi PUI yang ditetapkan inilah yang selalu ditunggu-tunggu oleh semua satker litbang lainnya pada saat apresiasi PUI digelar oleh Kemenristek dan BRIN. Apresiasi PUI Budidaya Ikan Hias diberikan langsung oleh Menteri Riset dan Teknologi dan Kepala BRIN Prof. Bambang Brodjonegoro kepada Kepala Balai Riset Budidaya Ikan Hias Dr. Idil Ardi.


PUI Budidaya Ikan Hias lolos menjadi PUI dengan status Pembinaan pada tahun 2017. Selama dua tahun PUI Budidaya Ikan Hias harus menunjukkan hasil-hasil positif yang telah dicapainya. Hasil positif inilah menunjukkan kemajuan sebuah satker riset dan menjadi dasar penilaian oleh kelembagaan PUI di bawah KemenristekDikti. Di dalam penilaiannya dikelompokkan dalam tiga bagian yaitu (a) kemampuan menyerap informasi dan teknologi dari luar (sourcing-absorptive capacity), (b) kemampuan mengembangkan kegiatan riset dan pengembangan berbasis demand driven dan bertaraf Internasional (research and development capacity), (c) kemampuan mendiseminasikan hasil-hasil riset berkualitas dan bertaraf Internasional (disseminating capacity). Peneliti dan semua pegawai Balai Riset Budidaya Ikan Hias (BRBIH) selama dua tahun harus bekerja keras dan saling kerja sama untuk memenuhi ketiga elemen tersebut. Dalam proses pembinaan PUI Budidaya Ikan Hias didampingi oleh dua orang Dewan Pakar yang berasal dari Perguruan Tinggi dan Dewan Riset Nasional.


PUI Budidaya Ikan HIas selama proses pembinaan banyak hal positif yang telah dicapai diantarannya: (1)  terjalinnya sinergitas riset dengan satker riset di K/L lain dalam memanfaatkan hasil riset dan riset bersama untuk mendapatkan hasil riset yang lebih inovatif, (2)  mendapatkan insentif anggaran riset melalui program INSINAS, Inovasi Industri dan Difusi Teknologi, (3) turut mempromosikan hasil riset unggulan baik didalam maupun di luar negeri, (4) penguatan kelembagaan litbang melalui akreditasi sarana penelitian maupun manajemen litbang dan (5) penguatan kapasitas SDM dengan mengikuti pelatihan, workshop, seminar dan lain-lain.


Keberhasilan PUI Budidaya Ikan Hias tidak terlepas dukungan dari pimpinan Badan Riset dan Sumberdaya Manusia Kementerian Kelautan dan Perikanan (BRSDM KP) yang selalu mendorong dan melengkapi sarana dan prasarana penelitian di balai. Tentu keberhasilan ini harus dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan agar BRBIH selalu menjadi yang terbaik dan unggul ditengah masyarakat Indonesia bahkan dunia.