Selamat Datang di Website Resmi Pusat Unggulan IPTEK Ikan Hias     Jam layanan laboratorium uji (Senin-Kamis: 07.30-14.30 WIB) dan Jumat (08.00-15.00 WIB)     Dirgahayu Republik indonesia     Selamat Kepada Dr. Nina Meilisza S.Pi, M.Si Sebagai Pemakalah Terbaik Seminar Hasil Riset Perikanan Tahun 2019
BRBIH Selenggarakan Webinar International di Tengah Pandemik

BRBIH Selenggarakan Webinar International di Tengah Pandemik
Masa pandemik bukanlah halangan untuk tetap bekerja, justru dijadikan kesempatan oleh Balai Riset Budidaya Ikan Hias, Pusat Riset Perikanan, BRSDM KP  untuk menyelenggarakan seminar online dalam skala internasional yang dihadiri oleh narasumber baik dari BRBIH maupun dari luar negeri.

Webinar International ini dibuka oleh Kepala Pusat Riset Perikanan yang diwakilkan  Kepala Balai Riset Budidaya Ikan Hias, Dr. Idil Ardi. Dalam sambutannya Kepala Balai menyampaikan ikan hias asli Indonesia yang berasal dari berbagai pulau, seperti arwana super red, botia, tiger fish, rainbow dan yang lainnya bisa punah apabila tidak ada sentuhan budidaya dan pengendalian penangkapan. Ikan hias juga penting karena menjadi sumber ekonomi bagi banyak masyarakat Indonesia. Untuk itulah Balai Riset Budidaya Ikan Hias ada dan memberikan pesan kepada dunia, bahwa kami serius mempertahankan sumberdaya ikan hias melalui instansi yang bergerak di bidang riset ikan hias.

Langkah yang dapat ditempuh untuk menjaga kelestarian sumberdaya ikan hias Indonesia melalui pengembangan teknologi budidayanya. Meskipun sampai saat ini teknologi budidaya ikan hias masih banyak kendalanya terutama teknologi reproduksi ikan hias lokal. Kendala inilah yang selalu terus dicarikan pemecahannya, seperti hari ini melakukan forum ilmiah yang membahas pemanfaatan heat shock protein dalam bidang budidaya perikanan. 

Harapan selanjutnya dari webinar ini, dapat menambah wawasan dan dapat ditindaklanjuti dengan aksi-aksi yang lebih konkrit.
International Webinar dengan tema “Fish Talk in Pandemic Era: Ornamental Fish and Heat Shock Protein” ini diselenggarakan pada tanggal 24 Juni 2020 pukul 13.00 s/d 15.00 PM (Jakarta Local Time) dan 08.00 s/d 10.00 AM (Spain&Malta Local Time), sejak dibukanya pendaftaran yang dimulai tanggal 19 Juni dan ditutup tanggal 22 Juni 2020  tercatat hampir sekitar 900 peserta yang mendaftar untuk kegiatan ini, peserta merupakan para professor riset, para peneliti, pembudidaya dan pengusaha ikan hias, akademisi, dosen dan mahasiswa juga para pegawai dari berbagai instansi baik pusat maupun daerah. Acara ini  diikuti melalui aplikasi zoom dan juga live streaming di Youtube BRBIH, selain persentasi dan membawakan materi, para peserta dan narasumber juga dapat berinteraksi langsung secara live selama acara berlangsung.
Kegiatan ini dipandu oleh moderator Dr. Ofri Johan – Peneliti BRBIH, hadir sebagai narasumber diantaranya Ahmad Musa, M.Si – Peneliti BRBIH yang membawakan materi Indonesian Ornamental Fish Future Research, Challenge and Opportunities diharapkan paparan yang disampaikan menjadi bahan untuk pengembangan riset kedepan, dan Dr. Charles Saliba – Nutribiotech Ltd, Malta yang membawakan materi The Role of Heat Shock Protein and Journey into HSP Stimulant Finding diharapkan paparan yang diberikan menjadi motivasi bagi para peneliti dan stakeholder perikanan dan ilmuwan di bidang lain bagaimana melanjutkan riset untuk menjadi sesuatu yang dikomersialkan, serta Marta A. Luque, M.Sc, Aqua – Farmfaes TECHNOVIT, spain yang membawakan materi Application of HSP Stimulant in Aquaculture Industry yang memberikan gambaran bagaimana sebuah produk yang dihasilkan dapat diaplikasikan dan telah teruji dilapangan.